Tulungagung Bersedia! Bansos PKH Balita Akan Cair Bulan Januari 2024, Daftar Sekarang Juga!

- 26 Desember 2023, 15:00 WIB
Bansos PKH Balita Tulungagung
Bansos PKH Balita Tulungagung /Pexels.com / @Vika Glitter /

INIPURWOREJO.COM  - PKH menjadi tonggak penting dalam upaya pemerintah Indonesia untuk menanggulangi kemiskinan.

Terutama untuk keluarga yang kurang mampu, program ini memberikan bantuan sosial bersyarat yang melibatkan berbagai aspek, termasuk aspek kesehatan dan aspek pendidikan, khususnya untuk ibu hamil dan anak-anak balita.

Mulai dari tahun 2007, Program Keluarga Harapan telah terbukti berhasil dalam mengatasi kemiskinan kronis.

Baca Juga: Bandung Bergembira! Akan Segera Cair Bansos PIP Kemdikbud di Awal Januari 2024 Hinga 1Jt, Begini Mengurusnya!

Program ini memberikan akses kepada keluarga kurang mampu untuk menggunakan fasilitas layanan kesehatan (fasilitas kesehatan) dan fasilitas layanan pendidikan (fasdik) di lingkungan mereka.

Selain itu, program ini juga telah diperluas untuk melibatkan penyandang disabilitas dan orang tua, mencerminkan keputusan pemerintah untuk memelihara kesejahteraan sosial sesuai dengan konstitusi dan visi Presiden RI.

Kriteria Penerima Manfaat dan Tahapan Pencairannya

Komponen Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan dibagi menjadi tiga komponen, salah satunya adalah komponen kesehatan, yang mencakup calon ibu dan anak usia dini (berusia 0 hingga 6 tahun).

Persyaratan ini mencakup maksimal dua kali kehamilan untuk ibu hamil dan maksimal dua orang anak untuk anak usia dini.

Bantuan PKH tidak diberikan seketika. Pada tahun 2023, pencairan PKH dilakukan dalam empat tahap, dengan besaran bantuan sebesar Rp 3.000.000 per tahun untuk kategori balita.

Halaman:

Editor: Nanik tri rahayu

Sumber: berbagai sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini