Tumbuhkan Ekonomi Syariah, Jateng Terus Benahi Sektor Wisata Halal

- 6 Januari 2022, 15:12 WIB
Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen pada Workshop Virtual Kajian Keuangan Mikro Syariah.
Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen pada Workshop Virtual Kajian Keuangan Mikro Syariah. /


IniPurworejo.com– Menyandang predikat destinasi wisata halal unggulan, membuat Jawa Tengah terus membenahi sektor wisata halal. Hal ini dilakukan untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi di Jateng.

Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen berpandangan, diraihnya penghargaan tersebut menjadi momentum untuk semakin menumbuhkan ekonomi syariah di Jawa Tengah. Apalagi, potensi ekonomi syariah di provinsi ini sangat strategis.

Baca Juga: Waduh! Selingkuh Tidak Bisa Dijadikan Dasar Gugatan Cerai di China, Ini Alasannya

"Kita arahkan pada peningkatan pertumbuhan ekonomi syariah di Jateng,” kata Wagub, pada Workshop Virtual Kajian Keuangan Mikro Syariah dan Penguatan Potensi Ekonomi Pesantren di Jawa Tengah, dari Kantor Gubernur, Rabu 5 Januari 2022.

Ditambahkan, seiring gaya hidup halal yang kini tengah menjadi tren, maka wisata halal menjadi pasar yang menjanjikan. Karenanya, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah perlu terus melakukan upaya perbaikan dari hulu hingga ke hilir.

Baca Juga: Donor Darah, Warga Desa Ketangi Purwodadi Dapat Hadiah Motor dari PMI Purworejo

“Dari hulu sampai ke hilir kita pikirkan. Termasuk, kalau kita bicara pariwisata di situ juga masuk ke ranah kuliner. Jadi orang berwisata itu pertama biasanya melihat tempatnya bagaimana ya, tempat penginapannya. Ini juga kita dorong ada pertumbuhan-pertumbuhan perhotelan yang berlabel syariah,” kata Wagub.

Gus Yasin, sapaan akrabnya, merasa senang karena wisata halal semakin menggeliat di Jawa Tengah. Dia mencontohkan munculnya hotel syariah di Kabupaten Wonosobo. Di samping itu, di Kabupaten Karanganyar juga dijumpai wisata halal yang dikerjasamakan dengan pondok pesantren.

Baca Juga: Berlaku Mulai Besok, WNA dari 14 Negara Dilarang Masuk Indonesia, Ini Daftarnya

“Alhamdulillah di Jateng geliat wisata syariah (halal) juga saat ini mulai muncul. Banyak muncul, ada di Kawasan Wonosobo kemarin saya lihat, kemudian ada di Kawasan Tawangmangu yang dikerjasamakan dengan salah satu pondok pesantren di Tawangmangu, juga mendorong bagaimana pertumbuhan pariwisata syariah,” pungkasnya.***

Editor: Andi Susanto

Sumber: Jatengprov.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x